Rabu, 04 April 2012

skl aqidah akhlak


RUANG LINGKUP AQDAH AKHLAK UNTUK MADRASAH
(Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang SKL dan Standar Isi)

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:

a.      Aspek akidah (keimanan) meliputi:.
1)     Kalimat thayyibah sebagai materi pembiasaan, meliputi: Laa ilaaha illallaah, basmalah, alhamdulillaah, subhanallaah, Allaahu Akbar, ta’awwudz, maasya Allah, assalaamu’alaikum, salawat, tarji’, laa haula walaa quwwata illaa billah, dan istighfaar.
2)     Al-asma’ al-husna sebagai materi pembiasaan, meliputi: al-Ahad, al-Khaliq, ar-Rahmaan, ar-Rahiim, as- Sami’, ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, asy-Syakuur, al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, al-‘Azhiim, al- Kariim, al-Kabiir, al-Malik, al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib, al-Wahhaab, al-’Aliim, azh-Zhaahir, ar-Rasyiid, al-Haadi, as-Salaam, al-Mu’min, al-Latiif, al-Baaqi, al-Bashiir, al-Muhyi, al-Mumiit, al-Qawii, al-Hakiim, al-Jabbaar, al-Mushawwir, al-Qadiir, al-Ghafuur, al-Afuww, ash-Shabuur, dan al-Haliim.
3)     Iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat thayyibah, al-asma’ al-husna dan pengenalan terhadap salat lima waktu sebagai manifestasi iman kepada Allah.
4)     Meyakini rukun iman (iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul dan Hari akhir serta Qada dan Qadar Allah)

b.      Aspek akhlak meliputi:
a.      Pembiasaan akhlak karimah (mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: disiplin, hidup bersih, ramah, sopan-santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang, taat, rukun,  tolong-menolong, hormat dan patuh, sidik, amanah, tablig, fathanah, tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.
b.      Mengindari akhlak tercela (madzmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik, dan murtad.

c.      Aspek adab Islami, meliputi:
1)     Adab terhadap diri sendiri, yaitu: adab mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah, berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain.
2)     Adab terhadap Allah, yaitu: adab di masjid, mengaji, dan beribadah.
3)     Adab kepada sesama, yaitu: kepada orang tua, saudara, guru, teman, dan tetangga
4)     Adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan.

d.      Aspek kisah teladan, meliputi: Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan, Nabi Sulaiman dengan tentara semut, masa kecil Nabi Muhammad SAW, masa remaja Nabi Muhammad SAW, Nabi Ismail, Kan’an, kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS, Tsa’labah, Masithah, Ulul Azmi, Abu Lahab, Qarun, Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub. Materi kisah-kisah teladan ini disajikan sebagai penguat terhadap isi materi, yaitu akidah dan akhlak, sehingga tidak ditampilkan dalam Standar Kompetensi, tetapi ditampilkan dalam kompetensi dasar dan indikator.


STANDAR ISI Akidah-Akhlak MADRASAH IBTIDAIYAH

Kelas I, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengenal rukun iman, syahadat tauhid dan syahadat rasul, al-asma’ al-husna (al-Ahad dan al- Khaliq)




1.1  Menghafal enam rukun iman

1.2  Menghafal dua kalimat syahadat

1.3  Mengartikan dua kalimat syahadat

1.4  Mengenal sifat-sifat Allah (al-Ahad dan al-Khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhannya


2.      Membiasakan akhlak terpuji




2.1   Membiasakan berakhlak terpuji: hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
2.2   .....Adab mandi dan berpakaian

3.      Menghindari akhlak tercela.
3.1  Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela: hidup kotor, bohong/dusta, dan berbicara kotor dalam kehidupan sehari-hari.



Kelas I, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI  DASAR
4.      Memahami kalimat thayyibah (basmalah) dan al-asma’ al-husna (ar- Rahman, ar-Rahiim dan as- Sami’)

4.1  Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (basmalah)
4.2  Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’al husna (ar-Rahman, ar-Rahiim dan as-Sami’)
5.      Membiasakan akhlak terpuji

5.1  Membiasakan adab belajar dan bermain
5.2  Membiasakan adab makan dan minum

6.      Menghindari akhlak tercela
6.1 Membiasakan diri untuk menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong dalam kehidupan sehari-hari



    Kelas II, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami kalimat thayyibah (hamdalah), dan al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, dan asy-Syakuur)




1.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (hamdalah)
1.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, dan asy-Syakuur)
1.3   Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap salat lima waktu


2.      Membiasakan akhlak terpuji





2.1   Membiasakan bersikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari

2.2   Membiasakan berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum, dan bersin dalam kehidupan sehari-hari

3.      Menghindari akhlak tercela

3.1     Menghindari sifat sombong melalui  kisah masa kecil Nabi Muhammad SAW




Kelas II, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
4.      Memahami kalimat thayyibah (tasbiih) dan al-asma’ al-husna (al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, dan al Badii’).


4.1  Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tasbiih)
4.2  Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, dan al Badii’)

5.      Membiasakan akhlak terpuji



5.1  Membiasakan bersifat jujur, rajin, dan percaya diri
5.2  Membiasakan berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari

6.      Menghindari akhlak tercela
6.1  Menghindari sifat malas melalui kisah masa remaja Nabi Muhammad SAW







    Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami kalimat thayyibah (Subhaanallaah, Maasyaallah), al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan al-Kariim)

1.1     Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Subhanallaah, Maasyaallah)
1.2     Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan al-Kariim)

2.    Beriman kepada malaikat-malaikat Allah
2.1      Mengenal malaikat-malaikat Allah

3.    Membiasakan akhlak terpuji
3.1      Membiasakan sifat rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari
3.2      Membiasakan berakhlak baik terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail

4.    Menghindari akhlak tercela
4.1      Menghindari sikap bodoh, pemarah, kikir, dan boros




Kelas III, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5.      Memahami kalimat thayyibah (ta’awudz), al-asma’ al-husna (al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib dan al-Wahhaab)


5.1  Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (ta’awudz)
5.2  Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib, dan al-Wahhaab)
6.      Beriman kepada makhluk gaib selain Malaikat.

6.1. Mengenal makhluk gaib selain Malaikat (jin dan setan)

7.      Membiasakan akhlak terpuji



7.1  Membiasakan sikap rukun dan tolong-menolong
7.2  Membiasakan berakhlak baik terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari

8.     Menghindari akhlak tercela
8.1 Menghindari sifat khianat, iri, dan dengki melalui  kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS







Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun) dan al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam) ????
1.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun)
1.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)


2.      Beriman kepada kitab-kitab Allah
2.1   Mengenal kitab-kitab Allah

3.      Membiasakan akhlak terpuji

3.1   Membiasakan sikap hormat dan patuh (?) dalam kehidupan sehari-hari
3.2   Membiasakan sikap tabah dan sabar dalam
        menghadapi cobaan melelui kisah mashithah

4.     Menghindari akhlak tercela
4.1     Menghindari akhlak tercela (?) melalui kisah  Tsa’labah



Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5.      Memahami kalimat thayyibah (assalaamu’alaikum) dan al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)

5.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (assalaamu’alaikum)
5.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)

6.      Beriman kepada Rasul-Rasul Allah
6.1     Mengenal Rasul dan Nabi Allah

7.      Membiasakan akhlak terpuji

7.1   Membiasakan akhlak sidik, amanah, tablig,  fatanah dalam kehidupan sehari-hari
7.2   Membiasakan akhlak terpuji terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
7.3   Mencintai dan meneladani akhlak mulia lima Rasul Ulul Azmi

  8.   Menghindari akhlak tercela



Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami kalimat thayyibah (Alhamdulillaah dan Allahu Akbar), al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)
1.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Alhamdulillaah dan Allahu Akbar)
1.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)

2.      Beriman kepada hari akhir (kiamat)
2.1   Mengenal adanya hari akhir (kiamat)

3.      Membiasakan akhlak terpuji
3.1   Membiasakan sikap optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari
3.2   Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum


 4.    Menghindari akhlak tercela
4.1   Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari



Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
  5.    Memahami kalimat thayyibah (tarji’) dan    al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit)
5.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tarji’)
5.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)

6.    Membiasakan akhlak terpuji

6.1   Membiasakan sikap teguh pendirian dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari
6.2   Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat

 7.    Menghindari akhlak tercela
7.1   Membiasakan diri untuk menghindari sifat
 kikir dan serakah melalui kisah Qarun


Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.         Mengenal kalimat thayyibah (astaghfirullaahal‘aziim) = lebih diganti dengan hauqalah dan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)


1.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (astaghfirullaahal‘aziim)
1.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)
2.         Beriman kepada takdir Allah

2.1   Mengenal adanya Qada dan Qadar Allah (takdir)

3.         Membiasakan akhlak terpuji

3.1   Membiasakan sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari

4.         Menghindari akhlak tercela
4.1     Membiasakan diri untuk menghindari sifat marah, fasik, murtad



Kelas VI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
5.         Mengenal kalimat thayyibah (taubat), dan al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, ash- Shabuur dan al-Haliim)



5.1   Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (taubat)
5.2   Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim)

6.         Membiasakan akhlak terpuji



6.1   Membiasakan sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisah Nabi Adam AS
6.2   Membiasakan berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari.




RUANG LINGKUP MATERI AQIDAH AKHLAK DI MTS

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a.      Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma' al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada Qadar.
b.      Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa’ah, tawaadu', husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja.
c.      Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.

STANDAR ISI Akidah-Akhlak

a. Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
1.      Memahami dasar dan tujuan akidah Islam

1.1
Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
1.2
Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam
1.3
Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
1.4
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan

2.      Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
2.1
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
2.2
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
2.3
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
2.4
Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.




Akhlak
1.      Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
1.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan
1.4
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari



      b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Akidah
1.      Memahami al-asma' al-husna


Ini perlu direvisi karena tidak sinkron dengan pembahasan aqidah

1.1

Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.2
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.4
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari????????

2.2  Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat
2.1


2.2


2.3


2.4
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan


Akhlak
3.2  Menghindari akhlak tercela kepada Allah



3.1


Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq (sum’ah, ujub???)
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya' dan nifaaq
3.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya' dan nifaaq dalam  fenomena kehidupan
3.4

Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya' dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari




       c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

Akidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT


1.1


Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
1.3
Menjelaskan macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT
1.4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT


Akhlak

1.      Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri



1.1


1.2


1.3


1.4





Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah


2.      Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri


2.1

Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
2.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
2.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur  
2.4
Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur

      

      d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

Akidah

1.      Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah



1.1



Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT
1.3
Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT

1. 4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan

2.      Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash istidraj)
2.1
Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.2
Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah. redaksional


Akhlak

1.      Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama



1.1



Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan  contoh perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
1.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena kehidupan
1.4
Membiasakan perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari


2.    Menghindari akhlak tercela kepada sesama


2.1

Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.2
Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
2.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
2.4
Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari

      

      Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

Akidah
1.      Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir


1.1


Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
1.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
1.4
Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir


Akhlak

1.      Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri



1.1



Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
1.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4
Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari



      f.  Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

Akidah

1.      Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar



1.1



Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar
1.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
1.4
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah


Akhlak

1.      Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja



1.1



Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.3
Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
1.4
Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.




Secara umum KD menggunakan KKO yang spesifik, seharusnya KKO yang spesifik digunakan dalam indikator
RUANG LINGKUP MATERI AQIDAH AKHLAK DI MA

1.      Akidah-Akhlak

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah meliputi:
d.      Aspek akidah terdiri atas:  prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asma’ al-husna, macam-macam tauhiid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmaaniyah, tauhiid mulkiyah dan lain-lain, syirik dan implikasinya dalam kehidupan, pengertian dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, dan aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern),
e.      Aspek akhlak terdiri atas: masalah akhlak yang meliputi pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji dan tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam akhlak terpuji seperti husnuzh-zhan, taubat, akhlak dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu, adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan, akhlak terpuji dalam pergaulan remaja; serta pengenalan tentang tasawuf.  Ruang lingkup akhlak tercela meliputi: riya, aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), israaf,  tabdzir, dan fitnah.


2. STANDAR ISI Akidah-Akhlak


 a.  Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.        Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah
1.1     Menjelaskan prinsip-prinsip akidah

1.2     Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas akidah

1.3     Menerapkan prinsip-prinsip akidah dalam kehidupan  

1.4     Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akidah dalam kehidupan  
2.        Memahami Tauhiid
2.1     Menjelaskan pengertian tauhiid dan istilah-istilah lainnya

2.2     Menjelaskan macam-macam tauhiid (uluuhiyah, rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah dan lain-lain)

2.3     Menunjukkan perilaku orang yang ber-tauhiid 

2.4     Menerapkan perilaku ber-tauhiid dalam kehidupan sehari-hari

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3.        Memahami syirik dalam Islam
3.1     Menjelaskan pengertian syirik

3.2     Mengidentifikasi macam-macam syirik
     
3.3     Menunjukkan perilaku orang yang berbuat syirik

3.4     Menjelaskan akibat perbuatan syirik

3.5     Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari

4.        Memahami masalah akhlak dan metode peningkatan kualitas akhlak
4.1     Menjelaskan pengertian akhlak

4.2     Menjelaskan induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela  

4.3     Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak

4.4     Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan  









b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam al-asma' al husna
1.1  Menguraikan 10 al-asma' al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)
1.2  Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

1.3  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al husna (al-‘Aziiz, al-Ghafuur, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari
1.4  Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww) dalam kehidupan sehari-hari

2        Membiasakan perilaku terpuji
2.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan dan bertaubat (tidak sinkron)
2.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat
2.3  Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan dan bertaubat dalam fenomena kehidupan
2.4  Membiasakan perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat

3        Menghindari perilaku tercela
3.1  Menjelaskan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
3.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
3.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya, dan diskriminasi
3.4  Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya, dan diskriminasi



c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami ilmu kalam
1.1         Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
1.2         Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
1.3         Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah

2.      Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
2.1        Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)
2.2        Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.
2.3        Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
2.4        Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Membiasakan perilaku terpuji
3.1         Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
3.2         Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
3.3         Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan
3.4         Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
4.      Menghindari perilaku tercela
4.1        Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.2        Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.3        Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.4        Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)




d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami tasawuf
1.1   Menjelaskan pengertian, asal usul, dan  istilah-istilah dalam tasawuf
1.2   Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
1.3   Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf
1.4   Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern

3        Membiasakan perilaku terpuji
2.1   Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan (tidak sinkron)
2.1  Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan
2.3   Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
2.4   Membiasakan perilaku adil, rida, amal salih, persatuan, dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari




STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3     Membiasakan perilaku terpuji
3.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.3  Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
3.3  Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

4     Menghindari perilaku tercela
4.1  Menjelaskan pengertian israaf, tabdziir, dan fitnah
4.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan israaf, tabdziir, dan fitnah
4.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan israaf, tabdziir, dan fitnah
4.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku israaf, tabdziir, dan fitnah


1 komentar:

  1. wah semakin jaya aja nih sesepuh ilmu. ayo posting yang banyak mas...........!!!

    BalasHapus