Rabu, 04 April 2012

telaah kurikulum akidah akhlak MI


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
TELAAH KURIKULUM AQIDAH AKHLAK MI


A.  Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami isi kurikulum mata pelajaran Aqidah Akhlak sebagaimana termaktub dalam Kurikulum Aqidah Akhlak MI dan mampu membelajarkannya secara metodologis.

B.   Kompetensi Dasar
1.      Mahasiswa mampu memahami Aqidah Akhlak sebagai mata pelajaran dan pembelajarannya.
  1. Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ruang lingkup pembelajaran Aqidah Akhlak
  2. Mahasiswa mampu memahami tujuan dan fungsi pembelajaran Aqidah Akhlak
  3. Mahasiswa mampu memahami kurikulum Aqidah Akhlak MI (Permenag no. 2 Tahun 2008)
  4. Mahasiswa mampu memahami pendekatan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak
  5. Mahasiswa mampu mengembangkan konsep tujuan pembelajaran (SK, KD, Indikator)
  6. Mahasiswa mampu mengnalisis dan mengembangkan Materi Aqidah Akhlak
  7. Mahasiswa mampu mengembangkan modul pembelajaran Aqidah Akhlak
  8. Mahasiswa mampu mengembangkan strategi, media, evaluasi, dan silabus pembelajaran serta RPP Aqidah Akhlak


C.  Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini mencakup aspek substansi dan metodologi. Substansi dimaksudkan sebagai materi kajian Aqidah Akhlak. Telaah Kurikulum Aqidah Akhlak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai hal terkait dengan substansi materi kajian Aqidah Akhlak sebagaimana termaktub dalam Kompetensi Dasar Kurikulum MI. Selain itu para mahasiswa juga diajak untuk bersama-sama untuk menganalisis dan mengkritisi substansi materi, perencanaan pembelajaran dan praktiknya, guna mendapatkan pemahaman dan ketrampilan yang lebih baik dalam membelajarkan Aqidah Akhlak yang mencakup multi ranah (kognitif, afektif, dan psikomotorik) secara efektif. Untuk itu dalam perkuliahan Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya selain mahasiswa diajak untuk memahami, menganalisis dan mendiskusikan kandungan substansi Aqidah Akhlak dan metodologi pembelajarannya, mahasiswa akan diajak pula memahami beberapa materi pengantar untuk masuk pada substansi Aqidah Akhlak, seperti: pengertian Aqidah Akhlak, kurikulum Aqidah Akhlak, pendekatan pembelajaran Aqidah Akhlak, dan RPP Aqidah Akhlak.

D.  Materi Pokok
1.      Pengertian Kurikulum Aqidah Akhlak  
2.      Ruang lingkup Kurikulum Aqidah Akhlak
3.      Kedudukan dan Fungsi Kurikulum Aqidah Akhlak
4.      Komponen dan Struktur Kurikulum Aqidah Akhlak MI (Permenag no. 2 Tahun 2008)
5.      Pengembangan Tujuan Pembelajaran (SK, KD, Indikator)
    1. Pengembangan Standard Isi di Kelas Awal
    2. Pengembangan Standard Isi di Kelas Tinggi

6.      Analisis dan Pengembangan Materi Aqidah Akhlak di MI
7.      Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam KTSP
8.      Pendekatan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
9.      Pengembangan Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
10.  Evaluasi Kurikulum Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI


E. Referensi    
     Wajib

  1. Mel Siberman, Pembelajaran Aktif
  2. Nana Sujana, Dasar-dasar PBM ,
  3. Abu al Hasan al Asyari, al Ibanah an Ushul al Dianah
  4. Puskur, Pengantar Silabi
  5. Puskur, Pengantar RPP
  6. Maman Abdul Malik Sya’roni, dkk., Buku Ajar Aqidah Akhlak
  7. Hilda Taba, Curriculum Development, Theory and Practice
  8. Iskandar Wiryo Kusumo, dkk., Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum
  9. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
  10. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  11.  Quraish Shihab, Asma’ al-Khusna dan Penerjemahannya


Anjuran
  1. Ahmad Amin, Fajr al Islam
  2. al Baghdadi, al Farq bain al Firaq
  3. Buku-buku Ajar Aqidah Akhlak untuk MI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar