SATUAN ACARA PERKULIAHAN
TELAAH KURIKULUM AQIDAH
AKHLAK MI
A.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami isi
kurikulum mata pelajaran Aqidah Akhlak sebagaimana termaktub dalam Kurikulum Aqidah
Akhlak MI dan mampu membelajarkannya
secara metodologis.
B.
Kompetensi Dasar
1.
Mahasiswa mampu memahami Aqidah Akhlak sebagai mata pelajaran dan
pembelajarannya.
- Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ruang lingkup pembelajaran Aqidah Akhlak
- Mahasiswa mampu memahami tujuan dan fungsi pembelajaran Aqidah Akhlak
- Mahasiswa mampu memahami kurikulum Aqidah Akhlak MI (Permenag no. 2 Tahun 2008)
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak
- Mahasiswa mampu mengembangkan konsep tujuan pembelajaran (SK, KD, Indikator)
- Mahasiswa mampu mengnalisis dan mengembangkan Materi Aqidah Akhlak
- Mahasiswa mampu mengembangkan modul pembelajaran Aqidah Akhlak
- Mahasiswa mampu mengembangkan strategi, media, evaluasi, dan silabus pembelajaran serta RPP Aqidah Akhlak
C. Deskripsi
Matakuliah
Mata kuliah ini mencakup
aspek substansi dan metodologi. Substansi dimaksudkan sebagai materi kajian Aqidah
Akhlak. Telaah Kurikulum Aqidah Akhlak merupakan mata kuliah yang memberikan
pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai hal terkait dengan substansi materi
kajian Aqidah Akhlak sebagaimana termaktub dalam Kompetensi Dasar Kurikulum MI.
Selain itu para mahasiswa juga diajak untuk bersama-sama untuk menganalisis dan
mengkritisi substansi materi, perencanaan pembelajaran dan praktiknya, guna
mendapatkan pemahaman dan ketrampilan yang lebih baik dalam membelajarkan Aqidah
Akhlak yang mencakup multi ranah (kognitif, afektif, dan psikomotorik) secara
efektif. Untuk itu dalam perkuliahan Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya selain
mahasiswa diajak untuk memahami, menganalisis dan mendiskusikan kandungan
substansi Aqidah Akhlak dan metodologi pembelajarannya, mahasiswa akan diajak
pula memahami beberapa materi pengantar untuk masuk pada substansi Aqidah
Akhlak, seperti: pengertian Aqidah Akhlak, kurikulum Aqidah Akhlak, pendekatan
pembelajaran Aqidah Akhlak, dan RPP Aqidah Akhlak.
D.
Materi Pokok
1. Pengertian Kurikulum Aqidah Akhlak
2. Ruang lingkup Kurikulum Aqidah Akhlak
3. Kedudukan dan Fungsi Kurikulum Aqidah Akhlak
4. Komponen dan Struktur Kurikulum Aqidah Akhlak MI (Permenag no. 2 Tahun 2008)
5. Pengembangan Tujuan
Pembelajaran (SK, KD, Indikator)
- Pengembangan Standard Isi di Kelas Awal
- Pengembangan Standard Isi di Kelas Tinggi
6. Analisis dan Pengembangan
Materi Aqidah Akhlak di MI
7. Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
dalam KTSP
8. Pendekatan dalam
Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
9. Pengembangan Modul
Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
10. Evaluasi Kurikulum Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak MI
E. Referensi
Wajib
- Mel Siberman, Pembelajaran Aktif
- Nana Sujana, Dasar-dasar PBM ,
- Abu al Hasan al Asyari, al Ibanah an Ushul al Dianah
- Puskur, Pengantar Silabi
- Puskur, Pengantar RPP
- Maman Abdul Malik Sya’roni, dkk., Buku Ajar Aqidah Akhlak
- Hilda Taba, Curriculum Development, Theory and Practice
- Iskandar Wiryo Kusumo, dkk., Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum
- Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
- Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
- Quraish Shihab, Asma’ al-Khusna dan Penerjemahannya
Anjuran
- Ahmad Amin, Fajr al Islam
- al Baghdadi, al Farq bain al Firaq
- Buku-buku Ajar Aqidah Akhlak untuk MI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar